Saturday, August 28, 2010

Seperti Apa Ya Ramadhan Tahun Ini? Yuk Kita Simak!

Onta dari Coklat Leleh Warnai Nuansa Ramadhan

Memasuki lobi Hotel Bumi Surabaya, tamu disuguh pemandangan unik. Ini menambah nuansa Ramdhan kian kental di lobi hotel.

Sebuah tenda Maroko segi enam bernuansa padang pasir dengan satwa onta berukuran sesungguhnya dari coklat leleh. PRIMA SOEMARSO Marketing Communications Manager Hotel Bumi Surabaya dalam siaran persnya, mengatakan, pemilihan ikon satwa onta sengaja dilakukan mengingat satwa tersebut merupakan alat transportasi utama pada jaman Nabi Besar MUHAMMAD SAW, penyebar agama Islam, di jazirah Arab.

Onta coklat dipajang hingga Idul Fitri nanti. Dengan tinggi 2,5m x 3m dan berat kurang lebih 75 kg, proses pembuatannya memakan waktu tujuh hari kerja. Kerangka satwa Onta tersebut dibuat dari kayu dan alat penopang lainnya.


“Kemudian tubuh Onta dilapisi dengan lapisan-lapisan coklat setebal lima cm. Untuk mendapatkan permukaan yang datar dan rata, seluruh tubuh satwa Onta terlebih dahulu dilapisi dengan coklat putih,”ujarnya.

Bahan dasar pembuatan satwa Onta ini, papar PRIMA, murni coklat swiss seberat 60 kg, terdiri dari coklat putih batangan dan coklat pekat yang dilelehkan. Kelebihan dari coklat swiss selain dari beraroma wangi adalah jumlah kandungan lemak coklatnya sangat sedikit, sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah berjamur.

Keseluruhan pengerjaan ikon ini diselesaikan dalam waktu kurang lebih tujuh hari kerja oleh tim kreatif Hotel Bumi Surabaya yang dipimpin MAHESA NUGRAHA Executive Chef dan HENNI EKASARI Pastry Chef bersama enam orang lainnya.

Onta Coklat ini merupakan salah satu dari sekian banyak ikon hari-hari besar yang pernah dilakukan oleh Hotel Bumi Surabaya. Seperti beberapa tahun lalu kami membuat replika Masjid Al Akbar lengkap dengan arsitektur landscape nya dan Beduk Kurma. Kami berharap upaya ini dapat menambah suasana khusuk dalam menjalankan ibadah agama.


Nuansa Ramadhan di Hamamatsu, Jepang


Fitri membereskan dapur. Perempuan berumur 36 tahun ini lalu mengemas sambal goreng kentang, bihun goreng, dan rempeyek bikinannya ke dalam tiga kotak plastik. Sepanci nasi disertakan pula.
Pada pukul 14.00 JST (Japan Standard Time) atau pukul 12.00 WIB, perempuan asal Banyuwangi, Jawa Timur, itu berangkat dari rumahnya di Iwata menuju Hamamatsu—dua kota industri ini ada di Prefektur Shizuoka, Jepang. Prefektur adalah sebutan untuk wilayah yang sederajat dengan provinsi.
Fitri berangkat bersama Abdurahman Kataoka, sang suami yang berkebangsaan Jepang, dan Nia, putri tunggal mereka. Mereka mencapai Muhammadi Mosque Hamamatsu dengan mengendarai mobil selama 40 menit.
Pada Minggu (8/10) kemarin, di masjid yang berlokasi di Distrik Terawaki, pinggiran Hamamatsu, itu sedang berlangsung tabligh akbar. Acara ini diselenggarakan Keluarga Muslim Indonesia Hamamatsu (KMIH), bekerja sama dengan komunitas muslim Pakistan.
Fitri dan Nia bergabung dengan sekitar 30 perempuan yang menempati sebuah ruangan di lantai satu. Ada belasan bocah bersama mereka. Sedangkan Kataoka-san naik ke lantai dua, tempat sekitar 65 pria sedang khusuk menyimak ceramah agama yang disampaikan seorang imam keturunan Pakistan dari Inggris.
Ceramah dalam bahasa Inggris itu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Heru Susetyo, advokat dari Pusat Advokasi Hukum & Hak Asasi Manusia, Jakarta. Heru sendiri kemudian menjadi penceramah kedua sampai berbuka puasa (iftar) tiba pada pukul 17.27 JST sekaligus ditandai dengan kumandang adzan magrib.
Jamaah pria turun ke lantai satu. Mereka duduk rapi memanjang di atas karpet biru dan saling berhadapan seturut bentangan kain putih panjang di tengah mereka. Jamaah perempuan tetap berada di ruangan terpisah di lantai satu. Acara berbuka puasa bersama ini dimulai dengan meneguk sari buah, kopi, teh manis, dan teh susu, plus menikmati lumpia, puding dan agar-agar, serta bubur Pakistan. Acara berbuka puasa dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah.
Makan malam dilakukan selepas salat magrib. Karena tempatnya sempit, para pria bergantian menikmati hidangan. Makanan buatan Fitri disajikan di atas beberapa baki bulat (tampah) besar bersama makanan buatan jamaah lainnya. Ada urap, opor ayam, bakwan, kolak pisang, nasi pela dan roti cepeti khas Pakistan. Setiap makanan di atas tampah disantap 5-6 pria.
Usai makan malam, acara dilanjutkan dengan sholat Isya dan Tarawih. Jamaah sempat pula menyaksikan ritual pengucapan syahadat oleh seorang pria Jepang yang masuk Islam.

Masjid Pertama di Hamamatsu
Kaum muslim di Hamamatsu dan sekitarnya sungguh beruntung. Mereka tidak lagi pusing mencari tempat beribadah yang layak dan permanen. Sebelumnya, sebagai contoh, sekitar 12 majelis taklim terpaksa harus berpindah-pindah tempat untuk mengadakan pengajian.
“Dulu, kita berpindah-pindah tempat; dari apato ke apato, dan sesekali bertemu di tempat yang lebih luas,” ujar Doktor Ratno Nuryadi, salah seorang pentolan KMIH yang sudah 13 tahun bermukim di Jepang. Apato adalah lafal Jepang untuk menyebut apartemen.
Idealnya, menurut pria asal Yogyakarta itu, masjid menjadi pusat kegiatan ibadah bagi seluruh muslim di Hamamatsu dan sekitarnya. Namun, ketatnya jadwal dan beratnya beban kerja membuat banyak muslim di Hamamatsu tak sempat beribadah rutin di Muhammadi Mosque Hamamatsu.
Kebanyakan muslim Indonesia yang biasa mendatangi masjid itu adalah peserta magang kerja (kenshusei). Mereka membaur dengan muslim dari negara lain, terutama Pakistan dan Malaysia. Beberapa muslim yang warga Jepang asli juga rajin ke masjid. Baru tiga tahun belakangan komunitas muslim Hamamatsu membentuk Hamamatsu Mosque Project (HMP) untuk mempersiapkan pembangunan sebuah masjid.
Bambang Harianto, salah seorang anggota komite HMP menambahkan, penggalangan dana yang dilakukan HMP menghasilkan 26 juta yen atau sekitar Rp 2,08 miliar. Uang ini dipakai untuk membeli tanah beserta bangunan bekas pub dan karaoke milik orang Filipina. Luas tanah 100 tsubo atau sekitar 333 meter persegi. Luas bangunan 70 tsubo atau sekitar 232 meter persegi. Sumber dana terbesar berasal dari komunitas muslim Pakistan.
Bangunan itu diubah fungsinya menjadi Muhammadi Mosque Hamamatsu. Inilah masjid pertama di kota seluas 1.511 kilometer persegi itu. Penggunaanya diresmikan pada Jumat (22/9) lalu. Islamic Center Hamamatsu dipusatkan di masjid di situ pula.
Muhammadi Mosque Hamamatsu menjadi masjid pertama di kota seluas 1.511 kilometer persegi itu. Berdirinya Muhammadi Mosque Hamamatsu menambah jumlah masjid di Jepang menjadi lebih dari 16 buah, ditambah sekitar 16 musholla.
Masjid itu terus direnovasi. Dana renovasinya 22 juta yen atau sekitar Rp 1,76 miliar. Saat ini HMP masih membutuhkan 5-7 juta yen atau sekitar Rp 400 juta sampai Rp 560 untuk menambal kekurangan dana renovasi. 

Daftar pustaka: suarasurabaya.net, telagailmu.multiply.com

0 comments:

Post a Comment

Apa pendapatmu?

Welcome

Followers

Statistik

................................................................................